Sabtu, 14 September 2013

Packet Tracert - DHCP dari ROUTER


  DCHP adalah kepanjangan dari Dynamic Configuration Host Protocol. DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidak menggunakan DCHP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DCHP dipasang di jaringan local, maka semua computer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dan server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
 Pada kasus kali ini kita akan membahas bagaimana cara memberikan IP secara otomatis kepada client atau biasa kita sebut DHCP. Biasa kita memberikan IP melalui server, bedanya kita akan memberikan IP dari perangkat router. Langsung saja…




  Kemudian klik router lalu pilih Tab CLI, disini kita akan memberikan IP pada network pertama berikut konfigurasinya :

- Ketik no lalu enter 2x
- Router>en
- Router#conf t
- Router(config)#int fa0/0
- Router(config-if)#ip address 192.168.11.1 255.255.255.240
- Router(config-if)#no sh

  Langkah di atas hanya memberikan ip address dan menghidupkan router, sekarang kita lanjutkan untuk setting DHCP routernya.
Konfigurasi sebelumnya :

- Router>en
- Router#conf t
- Router(config)#int fa0/0
- Router(config-if)#ip address 192.168.11.1 255.255.255.240
- Router(config-if)#no sh
Lanjutan :
- Router(config-if)#ip dhcp pool A
- Router(dhcp-config)#default-router 192.168.11.1
- Router(dhcp-config)#network 192.168.11.0 255.255.255.240
- Router(dhcp-config)#end
- Router#write

  Sekarang kita akan mengatur network yang satunya lagi, ikuti langkah-langkah seperti di atas hanya saja perhatikan di port mana network tersebut terpasang. Lalu masukan IP address yang beda dengan diatas dan yang terakhir pada pengaturan atau setting DHCP ganti ke pool B karena pool A sudah dipakai oleh network 192.168.11.1 . Hasilnya seperti ini :


  Setelah mengatur router sekarang kita tinggal memberikan dhcp addrees pada kedua network tersebut. Pertama klik PC lalu buka Desktop setelah itu buka IP Configuration kemudian pilih DHCP, secara otomatis router akan memberikan IP addressnya.


Jika sudah berhasil maka akan muncul seperti gambar di atas. Demikian studi kasus tentang bagaimana cara memberikan DHCP address dari Router. Terima Kasih 

Sampai jumpa lagi . . .

1 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info gan..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost